Web Server untuk Belajar PHP

Pada artikel sebelumnya dijelaskan bahwa PHP merupakan server side scripting, yaitu script yang hanya bisa berjalan di server. Seperti kita tau server merupakan sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu kepada clientnya. Begitu juga dengan server untuk menjalankan script PHP. Knapa sih script PHP hanya bisa berjalan di server? kenapa sih ribet banget?

Pada dasarnya PHP itu script yang dibuat untuk aplikasi web (Web Server), yang memiliki tugas memberikan informasi kepada clientnya (Web Browser). Jadi ya memang PHP itu script khusus untuk server dalam hal ini Web Server.

Dimana kita bisa mendapatkan Web Server? Apa kita bisa membuat Web Server sendiri? Mari kita cari di internet....
Dan yap dapat! Jika kita pengen belajar php tapi ga punya server ga usah bingung, karena di internet banyak sekali penyedia layanan web server / web hosting gratisan yang support PHP. Seperti freehostia.com, 000webhost.com, byethost.com dll.. atau kalau anda mau yang lebih terjamin lagi anda bisa membeli atau menyewa layanan berbayar di penyedia web server / web hosting. Cth penyedia layanan berbayar yang saya pernah pake di idwebhost.com, rumahweb.com.
Mudah bukan? Sekarang sarana belajar memang mudah didapatkan di mana-mana :)

bagaimana jika kita ga punya koneksi internet? salah satu cara belajar php tanpa internet adalah membuat web server sendiri, kebanyakan orang menyebutnya stand alone server, karena servernya ga bisa terhubung kemana-mana. tapi gpp, initinya di sini adalah kita bisa belajar php :)
Cara membuat server sendiri adalah dengan menggunakan server yang support php diantaranya Apache. cara penggunaannya tinggal install di komputer kita bisa berbasis windows atau linux, anda bisa mendownload apache di http://httpd.apache.org/download.cgi atau kalo mau mudah bisa langsung download pake XAMPP intalasi apache dengan tambahan MySQL, PHP, phpMyAdmin, dan Perl. download XAMPP di www.apachefriends.org/en/index.html

1 comments:

argentina mengatakan...

halo, salam kenal ^^!
apa kamu suka bakso kambing?