Menampilkan Pesan Eror MySQL pada PHP versi terbaru

Permasalahan kita kali ini adalah tidak munculnya pesan eror otomatis pada PHP versi terbaru. Pesan eror pada PHP dan MySQL sangatlah penting bagi seorang programer karena dengan pesan eror itulah kita dapat mengetahui apa dan di mana kesalahan kita dalam menulis bait demi bait program. Namun saya kaget ketika beberapa kali saya mengalami eror pada bait program khusunya (Query MySQL) yang saya tulis namun tidak menampilkan pesan eror apapun, sedangkan ketika saya menulis bait program tersebut di server localhost ada pesan erornya. Contoh pesan eror.

Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in C:\Program Files\xampp\htdocs\PSB\form.upload.php on line 4 mysql_error
Nah dengan pesan eror serperti diatas kita jadi mengetahui bait ke berapa di script PHP/MySQL kita yang eror. Namun untuk server terbaru bagaimana?


Nampaknya kita perlu menambahkan sedikit script PHP agar server kita menampilkan pesan eror pada Query MySQL kita yang salah. (saya mengambil contoh ketika kita menulis Query MySQL pada PHP). Script PHPnya adalah : mysql_error()

Penggunaan script model biasa:
$query = mysql_query("SELECT * FROM tabelku");
 Penggunaan script dengan mysql_error() :
$query = mysql_query("SELECT * FROM tabelku") or die("Ups : " .mysql_error());
Nah dengan penambahan penulisan script mysql_error() maka kita dapat melihat dan mengetahui di mana letak kesalahan program kita. Selamat mendebug program anda. :)

0 comments: